Awal, Tantangan, Aksi dan Pelajaran
Bioteknologi Bernuansa kewirausahaan & Facebook
1. Awal
Siswa saya semuanya memiliki akun facebook dan aktif memposting.
Sebagai guru saya memiliki keinginan menggabungkan materi biologi bioteknologi dengan kewirausahaan serta berharap agar peserta didik saya dapat antusias belajar, mampu berhitung ekonomi sehingga menyadari pengorbanan biaya orang tua mereka dan memanfaatkan Facebook menjadi media belajar.
2. Tantangan
Siswa saya memanfaatkan Facebook hanya memposting status biasa sebagai kegiatan yang mencari perhatian, lebih menyukai game on line dan chetingan percakapan yang tidak bermanfaat.
3. Aksi
Saya mulai mencari cara agar android dan akun Facebook siswa dapat dijadikan media dalam belajar Bioteknologi yang bernuansa wirausaha dengan membuat grup facebook 내 학교는 내 우상 이었다 SMAN 2 BANTAENG (sekolahku idolaku) sebagai media pengiriman laporan kegiatan siswa.
4. Pelajaran
Tak disangka peserta didik saya memperlihatkan:
- Aktivitas yang tinggi dalam belajar
- Hasil belajar yang tuntas KKM 75%
- Respon mereka menyukai cara belajar yang diterapkan yakni pembelajaran biologi materi bioteknologi bernuansa kewirausahaan dan pengiriman laporan mengunakan facebook.
- Siswa tidak malu menguploadnya di facebook sedang mencium kaki orang tua mereka dan sebagai tanda mereka menyadari pengorbanan ekonomi orangtuanya.
- Saya menjadi lebih berempati kepada siswa saya yang hanya mengupload fotonya bersama kuburan orang tuanya.
Kegiatan Fermentasi Bahan untuk diolah menjadi beraneka ragam produk makanan |
Penjualan produk yang dihasilkan |
Laporan Kegiatan dan Laporan Keuangan Penjualan Produk |
Siswa mau mengupload sedang mencium Kaki Kedua Orang Tuanya setelah melakukan penjualan dan mengitung keuntungan kegiatan |
Masya Allah luar biasa... sebuah inovasi yang kreatif.. sukses selalu pak
ردحذفTerimakasih Bu
حذفThn 2018 ji ini wkt gupres yg ke2
إرسال تعليق