Alur Belajar MERDEKA dalam Pendidikan Guru Penggerak

 

Alur Belajar MERDEKA dalam Pendidikan Guru Penggerak


Alur Belajar MERDEKA merupakan akronim dari Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata.  Diharapkan model pembelajaran yang berbasis pengalaman seperti ini dapat mewujudkan guru dan murid merdeka yang menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Berikut pembahasan masing-masing bagian.

1. Mulai dari Diri 

2. Eksplorasi Konsep 

3. Ruang Kolaborasi  

4. Demonstrasi Kontekstual 

5. Elaborasi Pemahaman 

6. Koneksi antar Materi 

7. Aksi Nyata 


1. Mulai dari Diri Dalam kegiatan belajar ini, calon guru penggerak melakukan refleksi awal mengenai materi yang akan dibahas. Calon guru penggerak akan diberikan pertanyaan
Kegiatan pembelajaran pemantik:
CGP memberikan jawaban reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara,
CGP membuat refleksi diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara.


2. Eksplorasi Konsep Dalam tahap eksplorasi konsep, calon guru penggerak akan diminta untuk membaca materi maupun menonton video yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari, Tujuannya adalah untuk memperdalam atau menguatkan konsep materi yang akan dipelajari.
Mandiri
CGP menyimak video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan;
CGP menyimak video-video tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara;
CGP membaca 2 (dua) tulisan karya Ki Hadjar Dewantara.
Forum Diskusi
CGP mendiskusikan pertanyaan reflektif terkait pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan Indonesia saat ini dan pendidikan pada konteks lokal sosial budaya di daerah asal CGP yang difasilitasi oleh Fasilitator
CGP berbagi pengalaman praktik baik penerapan pemikiran filosofis Pendidikan KHD pada konteks lokal sosial budaya di daerahnya.


3. Ruang Kolaborasi Dalam ruang kolaborasi, calon guru penggerak diminta untuk berkolaborasi dengan calon guru penggerak yang lain dalam kegiatan kelompok. Biasanya akan diberikan sebuah tugas untuk didiskusikan dalam kelompok tersebut.
CGP mengeksplorasi (memaknai dan menghayati) nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asal dalam menguatkan dan menebalkan Konteks (kodrat) Diri Murid sebagai manusia dan anggota masyarakat.

4. Demonstrasi Kontekstual Dalam demonstrasi kontekstual, calon guru penggerak diminta untuk membuat sebuah rencana penerapan materi yang dipelajari di sekolah. Calon guru penggerak diminta membuat artikel, video, komik, poster, lagu, puisi, dan sebagainya.
CGP mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (kar2ya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

5. Elaborasi Pemahaman, Calon guru penggerak akan diajak untuk berdiskusi bersama instruktur maupun narasumber lain. Dalam kegiatan ini, calon guru penggerak diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dari materi yang belum dipahami.
CGP mendapatkan penguatan pemahaman tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dari Instruktur.

6. Koneksi Antar Materi Dalam kegiatan ini, calon guru penggerak diminta untuk membuat kesimpulan dari keseluruhan materi yang sudah dipelajari hari itu. Mereka juga diminta untuk membuat keterkaitan antara materi hari itu, dengan materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
CGP membuat kesimpulan dalam bentuk esai atau jurnal reflektif tentang ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ dengan merefleksikan seluruh rangkaian materi yang sudah dipelajari dari pemikiran-pemikiran KHD dan praktik baik yang telah dilakukan di sekolah-sekolah saat ‘Elaborasi Pemahaman’.

7. Aksi Nyata, Dalam kegiatan aksi nyata, calon guru penggerak akan diminta menerapkan pengetahuan yang diperoleh di kelas atau di sekolah.
CGP mengimplementasikan strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD yang telah dibuat pada ‘Demonstrasi Kontekstual’ secara konkret sebagai perwujudan 'Kepemimpinan Pembelajaran' yang Berpihak pada Murid' dan direfleksikan kembali dalam Jurnal Refleksi Pribadi.


ALUR

INTI PEMBAHASAN

AKTIVITAS PESERTA

TUGAS/PRODUK PESERTA

M

Mulai Dari Diri

Pertanyaan reflektif untuk memulai topik.

Forum diskusi (peserta dapat melihat komentar peserta lain)

Lembar Kerja

E

Eksplorasi Konsep

Materi kunci untuk membangun pemahaman.

Peserta melihat video dan membaca artikel, mengerjakan kuis, jawab kuis langsung diberikan ke peserta.

Video dan perangkat pembelajaran.

R

Ruang Kolaborasi

Penugasan kelompok untuk memperdalam pemahaman dan mendorong kolaborasi.

Peserta mendapatkan panduan LK, hasil kerja kelompok di upload dan dapat dilihat pesrta lain, rubrik penilaian instruktur.

Lembar Kerja Kelompok Panduan Diskusi

D

Demonstrasi Kontekstual

Penugasan mandiri untuk mengevaluasi pemahaman.

HOTS tes including RK dan materi kunci Scorring peserta bisa retake test.

Lembar Kerja

E

Elaborasi Pemahaman

Diskusi dan tanya jawab dengan instruktur.

Video Konference

Panduan diskusi untuk instruktur.

K

Koneksi Antar Materi

Diskusi refleksi belajar dan pembuatan rencana tindak lanjut.

Video conference

Panduan diskusi untuk instruktur.

A

Aksi Nyata

Melaksanakan aksi nyata di sekolah/di kelas.

Drive penyimpanan portofolio, bisa di akses peserta lain.

Melaksanakan aksi nyata.


Alur merdeka belajar tersebut dapat pula diterapkan di kelas. Tujuan penerapan alur MERDEKA belajar tersebut adalah sebagai langkah awal memberikan kemerdekaan belajar kepada murid-murid secara terkontrol dan terbimbing.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama