ATAP: Awal, Tantangan, Aksi dan Pelajaran

Awal, Tantangan, Aksi dan Pelajaran


Bioteknologi Bernuansa kewirausahaan & Facebook



1. Awal

Siswa saya semuanya memiliki akun facebook dan aktif memposting. 

Sebagai guru saya memiliki keinginan menggabungkan materi biologi bioteknologi dengan kewirausahaan serta berharap agar peserta didik saya dapat antusias belajar, mampu berhitung ekonomi sehingga menyadari pengorbanan biaya orang tua mereka dan memanfaatkan Facebook menjadi media belajar.


2. Tantangan

Siswa saya memanfaatkan Facebook hanya memposting status biasa sebagai kegiatan yang mencari perhatian, lebih menyukai game on line dan chetingan percakapan yang tidak bermanfaat.

3. Aksi

Saya mulai mencari cara agar android dan akun Facebook siswa dapat dijadikan media dalam belajar Bioteknologi yang bernuansa wirausaha dengan membuat grup facebook 내 학교는 내 우상 이었다 SMAN 2 BANTAENG (sekolahku idolaku) sebagai media pengiriman laporan kegiatan siswa.


4. Pelajaran

Tak disangka peserta didik saya memperlihatkan: 

  1. Aktivitas yang tinggi dalam belajar 
  2. Hasil belajar yang tuntas KKM 75%
  3. Respon mereka menyukai cara belajar yang diterapkan yakni pembelajaran biologi materi bioteknologi bernuansa kewirausahaan dan pengiriman laporan mengunakan facebook.
  4. Siswa tidak malu menguploadnya di facebook sedang mencium kaki orang tua mereka dan sebagai tanda mereka menyadari pengorbanan ekonomi orangtuanya.
  5. Saya menjadi lebih berempati kepada siswa saya yang hanya mengupload fotonya bersama kuburan orang tuanya.

Kegiatan Fermentasi Bahan untuk diolah
menjadi beraneka ragam produk makanan

Penjualan produk yang dihasilkan 

Laporan Kegiatan dan Laporan Keuangan Penjualan Produk


Siswa mau mengupload sedang mencium Kaki Kedua Orang Tuanya
setelah melakukan penjualan dan mengitung keuntungan kegiatan



2 Komentar

  1. Masya Allah luar biasa... sebuah inovasi yang kreatif.. sukses selalu pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama